Depan Artikel Kesehatan Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Nyeri Tulang Belakang, Penyebab dan Cara Mengatasinya

11 min read
0
182
Konsumsi Teh Secara Rutin Untuk Tulang Anda

Nyeri tulang belakang ternyata tak semata-mata keluhan yang dirasakan oleh orang tua. Seiring usia yang bertambah, kondisi tulang memang mengalami kekurangan unsur kalsium dan kerap terasa sakit. Terlebih lagi jika pekerjaan berat dengan gaya hidup yang tak sehat alias jarang olahraga, resiko sakit akan semakin besar.

baca juga : Konsumsi Teh Secara Rutin Untuk Tulang Anda

Namun tak selamanya sakit atau nyeri di punggung tersebut terjadi pada orang tua, usia muda pun kadang mengalaminya. Bahkan tak sebatas keluhan masalah otot atau tulang, tapi juga menyimpan resiko penyakit lain yang harus diwaspadai.

Penyebab Nyeri Tulang Belakang yang Perlu Diketahui

Rasa sakit dan nyeri di bagian tulang belakang tak bisa Anda anggap sepele, sebab ternyata rasa nyeri tersebut bisa jadi merupakan gejala yang muncul akibat satu jenis masalah yang lebih serius. Apa saja penyebab nyeri tersebut? diantaranya adalah:

  • Kelainan Tulang Belakang

Ada beberapa jenis kelainan tulang belakang secara medis yang bisa jadi karena inilah sakit di punggung Anda tak kunjung sembuh, diantaranya adalah Hernia Disk (HNP) yakni kondisi dimana piringan sendi melemah, pecah hingga keluar dari posisi seharusnya. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit yang sangat.

Kelainan berikutnya adalah yang disebut dengan bulging disk, yakni penonjolan pada bagian diskus intervertebralis yang disebabkan kelainan postural seperti mengangkat benda terlalu berat, terjatuh dan sebagainya.

Kelainan selanjutnya adalah yang paling sering kita temukan saat ini yakni Radikalulopati servikal atau saraf terjepit dalam bahasa masyarakat umum. Kondisi ini disebabkan oleh bone spur (benjolan tulang baru) atau bisa juga masalah pada  hernia disk (piringan sendi melemah).

Kelainan yang lain ada yang disebut Spondylolisthesis, merupakan kondisi dimana tulang belakang mengalami pergeseran ke bagian depan yang biasanya disebabkan karena masalah penuaan.

  • Kecelakaan

Rasa nyeri di bagian tulang belakang juga bisa disebabkan karena masalah kecelekaan. Misalnya kecelakaan saat berkendara mobil, motor, kecelakaan olah raga, terjatuh, keseleo, patah tulang karena tertimpa benda keras, hingga masalah osteoporosis pada orang tua. Kondisi ini bisa menyebabkan rasa sakit yang harus Anda konsultasikan kondisinya ke dokter atau ahli tulang.

  • Gaya hidup

Tahukah Anda, mereka yang memiliki kondisi berat badan berlebihan akan semakin rentan mengalami resiko masalah tulang, termasuk pada bagian tulang belakang. Dengan tumpukan daging yang banyak, tulang tubuh akan sulit untuk menumpunya sehingga disarankan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih agar bisa berolah raga dan diet untuk mengurangi berat badan. Sebelum keluhan berbagai masalah tulang terjadi, sebaiknya Anda memulai gaya hidup sehat sejak sekarang.

  • Stres

Kondisi tubuh yang stres akan menyebabkan bagian tulang belakang menjadi lebih tegang dan melemah, akibatnya akan mudah sakit dan mengalami masalah. Jangan stres terhadap sesuatu, bukan hanya untuk kesehatan jiwa Anda namun juga berpengaruh pada kondisi fisik tulang.

Nyeri  Bagian Tulang Belakang Sebagai Gejala Penyakit yang Lainnya

Bila Anda merasa sakit yang Anda alami sekarang di bagian tulang belakang bukan karena 4 hal di atas, bisa jadi karena beberapa hal berikut ini, diantaranya karena ada resiko penyakit lainnya yang harus segera dicari tau, diantaranya adalah:

  • Arthritis

Rasa sakit dan nyeri di bagian tulang belakang  juga bisa disebabkan karena arthritis.  Kondisi ini terjadi ketika terjadi peradangan pada bagian satu atau beberapa sendi yang dapat menyebabkan kekakuan, pembengkakan hingga kesulitan untuk bergerak.

  • Osteoarthritis

Merupakan pengapuran sendi, yakni disebabkan karena rusaknya tulang rawan pada satu atau beberapa sendi. Pengapuran tulang bisa disebabkan karena beberapa hal seperti diabetes, saraf terjepit dan sebagainya.

  • Ankylosingspondylitis

Merupakan peradangan yang menyebabkan penyatuan beberapa ruas tulang belakang sehingga yang bersangkutan kesulitan bergerak, badan akan bungkuk ke depan, sulit mengangkat kepala untuk melihat ke bagian depan.

  • Tumor

Kanker tulang belakang juga menimbulkan efek rasa nyeri pada bagian tulang belakang. Tentunya disertai dengan gejala lainnya yang serius. Segera periksakan diri Anda jika memiliki gejala tersebut yang disertai dengan gejala kanker lainnya.

  • Kondisi kehamilan

Wanita yang sedang hamil biasanya juga akan mengalami penenganan di bagian tulang belakang yang dapat menyebabkan rasa sakit. Kondisi perut yang semakin besar membuat kondisi tulang akan semakin berat menopangnya.

Cara Mengatasi Rasa Sakit dan Nyeri di Bagian Tulang Belakang

Bila Anda membawa sakit Anda ke dokter, biasanya dokter terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan fisik seperti pemeriksaan neurologis, uji gerak, uji refleks, tes angkat dan sebagainya.  Selain itu pemeriksaan lebih lanjut biasanya akan dilakukan melalui sinar-X, CT-scan, MRI. Apa saja cara penyembuhan yang dilakukan dan bisa Anda pilih:

  • Operasi pembedahan

Ini cara yang disarankan dokter pada umumnya, tergantung pada kondisi kecederaan atau masalah yang terjadi. Dan inipun tetap menjadi pilihan Anda.

  • Obat penghilang rasa  nyeri

Untuk sementara biasanya Anda akan diberi obat penghilang rasa nyeri  diantaranya aspirin, ibuprofen, naproxen  dan paracetamol.

  • Fisioterapi

Terapi menggunakan peralatan dengan sistem kerja listrik mungkin akan disarankan dokter untuk penyembuhan tulang Anda. Tergantung dari masalah yang terjadi. Terapi bisa berlangsung selama berbulan-bulan, rutin dilakukan beberapa kali dalam seminggu.

  • Terapi pijat

Bila Anda lebih memilih pengobatan alternatif misalnya, bisa memilih terapi pijat, tergantung dari masalah tulang yang dihadapi. Misalnya saraf terjepit, biasanya orang lebih memilih untuk terapi pijat selama beberapa waktu sambil mengkonsumi obat yang sesuai.

  • Injeksi epidural

Merupakan teknik pengobatan di medis yang dilakukan dengan menyuntikkan obat yakni steroid ke bagian luar kantung dural. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi peradangan yang terjadi dan menyebabkan rasa sakit.

  • Akupuntur

Pengobatan terapi akupuntur merupakan pengobatan cina yang juga banyak dipilih orang untuk penyembuhan masalah penyakit tulang. Anda bisa datang ke ahli akupuntur untuk mengetahui bagaimana solusi atas masalah penyakit tulang yang Anda hadapi. Terapi akan disesuikan dengan jenis kecideraan yang terjadi.

  • Meditasi

Ada pula cara lain yang dilakukan orang untuk membantu penyembuhan masalah sakit tulang belakang yang dirasakan yakni dengan meditasi semisal yoga. Dengan menumpukan rasa pada satu fokus titik akan membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Namun tentunya tetap tergantung pada jenis dan penyebab rasa sakit pada tulang  belakang yang ada.

Kondisi kesehatan tulang sangat penting untuk dijaga. Mulai lah dengan mengatur pola hidup yang sehat dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung unsur kalsium yang cukup, rajin berolah raga dan tak melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu kerusakan pada tulang. Jangan lupa turunkan berat badan Anda untuk mengurangi resiko masalah tulang. Nyeri tulang belakang jangan dianggap sepele, terlebih lagi jika sudah sangat sering dikeluhkan. Segera cek ke dokter apa yang menjadi penyebabnya sehingga bisa segera dicari solusi terbaiknya.

Facebook Comments
Artikel Selanjutnya
Load More By Lucy Anike Putri
Load More In Artikel Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga

Cara Mengolah Lidah Buaya untuk Masker dan Makanan Konsumsi

Cara mengolah lidah buaya – Siapa yang tak kenal dengan tanaman ini? Ya, lidah buaya merup…